Core Value, Visi dan Misi, adalah hal penting yang harus dimiliki setiap orang/organisasi/perusahaan untuk menjadi sukses.
Core Value atau nilai-nilai utama atau pilar utama merupakan pernyataan eksplisit dari organisasi sebagai pedoman dalam berorganisasi atau bekerja yang diyakini, dihayati dan diamalkan sebagai landasan moral dalam berpola pikir, berkomunikasi, dan bertindak / berperilaku para anggota organisasi.
Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat tetap eksis, antisipatif dan inovatif.
Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang masa depan yang diinginkan oleh organisasi atau cita-cita sebuah organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka penetapan visi, sebagai bagian dari perencanaan strategis, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan sebuah organisasi.
Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya.
Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan eksternal. Oleh karenanya, visi organisasi juga harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut.
Pada hakekatnya tidak ada visi organisasi, tetapi visi-visi pribadi dari anggota organisasi. Namun kita harus mampu merumuskan gambaran bersama mengenai masa depan, berupa komitment murni tanpa adanya rasa terpaksa.
Visi adalah mental model masa depan, dengan demikian visi harus menjadi milik bersama dan diyakini oleh seluruh anggota organisasi.
Misi yang merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.
Misi adalah sesuatu tugas mulia yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Dengan pernyataan misi tersebut, diharapkan seluruh masyarakat dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang.
Berikut adalah Core Value, Visi dan Misi dari Organisasi Keluarga Besar NBB
Core Value /Nilai-nilai Utama / Pilar Utama
1. Niat Baik / Good IntentionsPerbuatan terpuji yang dimulai dari cara berpikir, berbicara dan bertindak yang didasari oleh sebuah itikad untuk tidak merugikan orang atau pihak lain.
2. Kejujuran / Honesty
Sifat dan keadaan seseorang yang dapat dikatakan lurus hati dan tulus tanpa niatan untuk berbohong dan atau berbuat curang
3. Integritas / Integrity
Perasaan menjadi satu bagian utuh dari organisasi (Jawa : melu handarbeni, Inggris : sense of belonging)
4. Kepercayaan / Trust
Kemampuan untuk mempercayai
- Kepercayaan kepada Tuhan / in God we trust
- Kepercayaan kepada perbedaan dapat menyatukan / in our different can be united we trust
- Kepercayaan kepada kebersamaan dalam kekeluargaan / in our togetherness in kinship we trust
- Kepercayaan kepada masa depan yang lebih baik / in better future we trust
V I S I
Sebuah cita-cita
Menjadikan Keluarga Besar NBB sebagai Organisasi tempat bernaung bagi siapa saja yang mau memahami dan menyikapi arti sebuah perbedaan, persamaan hak, dan kesetaraan serta dapat memberikan nilai tambah kepada semua pihak yang terkait.
M I S I
Tugas mulia
- Membangun nama Keluarga Besar NBB sebagai organisasi yang disegani, berkualitas dan unggul
- Membangun keharmonisan dalam setiap hubungan antar sesama
- Melahirkan kegiatan-kegiatan positif yang bisa menjadikan contoh dan teladan bagi masyarakat
- Membangun sebuah usaha yang dapat memberikan kesejahteraan di delapan aspek kehidupan (keuangan, pendidikan, keluarga, mental, karir, spiritual, sosial & kesehatan) kepada anggota dan pihak-pihak yang terlibat
- Membangun sumber daya manusia dan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai utama / core value organisasi
Budhi Cahyadi
Business Development & HRD Consultant
budhicahyadi@ymail.com
No comments:
Post a Comment
Yang ingin memberikan komentar dipersilahkan